5 Latihan Kekuatan Otot untuk Para Pelari

Menjalankan bisa dibilang lebih mudah dan lebih murah. Namun, jika Anda ingin bertahan, dibutuhkan latihan ekstra keras sehingga Anda dapat berlari cepat dalam jarak pendek dan berlari terus untuk jarak jauh. Anda perlu latihan otot kaki Anda sehingga mereka harus diatur untuk terus berjalan bila diperlukan. Berikut ulasannya:

1. Squat

Untuk memperkuat seluruh tubuh, Anda harus mulai dari bagian belakang paha. Jika paha belakang yang kuat, gerakan tubuh Anda akan lebih ringan. Bahkan, kekuatan otot paha belakang Anda akan menjadi awal dari kekuatan kaki Anda saat berjalan.

5 Latihan Kekuatan Otot untuk Para Pelari
5 Latihan Kekuatan Otot untuk Para Pelari

Melakukan squat dapat cukup mudah. Anda hanya tinggal membuka kaki Anda lebar dari posisi biasanya, lalu turunkan posisi tubuh Anda seperti orang untuk duduk. Gerakan yang benar akan berdampak langsung pada bagian belakang otot paha.

Gerakan yang satu ini adalah untuk melatih keseimbangan tubuh. Lakukan pertama kalinya tubuh biasanya gemetar dan kadang-kadang jatuh. Namun, jika Anda sudah terbiasa, tambahkan beban seperti dumbbell atau kettlebell dipegang di depan dada Anda.

2. Lunge

Setelah memperkuat otot-otot paha belakang, waktu untuk membuat bagian-bagian lain dari otot-otot kaki yang lebih kuat. Terjang juga menjadi latihan yang baik untuk Anda doyan sekali berlari. gerakannya cukup mudah. Anda hanya perlu membuat satu langkah panjang dan kemudian menurunkan tubuh Anda ke bawah. Tetap lurus tubuh Anda.

Gerakan yang benar akan dibuat di bagian depan dan lutut Anda lebih kuat. Latihan ini juga cocok untuk pemanasan sebelum berjalan. Setelah berhasil melakukannya beberapa kali, tambahkan beban dengan sepasang memegang dumbbell di tangan kanan dan kiri.

3. Plank

Bahkan Anda yang tidak suka trek juga, akan melakukan plank biasa. Gerakan olahraga adalah salah satu yang cukup lengkap untuk menyentuh otot-otot dalam tubuh Anda. Sebut saja lengan, bahu, punggung, perut, dan paha. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak melakukan gerakan yang satu ini.

Gerakan plank cukup banyak variasi yang dapat Anda lakukan, seperti sisi papan, lutut papan dan lengan bawah papan. Variasi dari langkah itu akan membuat hasil yang berbeda juga, tetapi semua dari mereka yang cocok untuk memperkuat tubuh dalam lintasan lari.

4. Deadlift

Naik ke tingkat berikutnya, Anda perlu beban yang lebih berat demi kaki kuat. Deadlift lebih baik menggunakan barbell, tapi menggantinya dengan dumbbell masih bisa dilakukan. Gerakan ini cukup favorit karena cukup kuat untuk melatih otot-otot tubuh bagian bawah. Selain itu, deadlift juga dapat membuat pinggang lebih kuat untuk menjaga keseimbangan saat berjalan.

5. Box Jump

Tidak hanya kekuatan, tetapi daya ledak tubuh Anda juga perlu dilatih. Salah satu cara adalah dengan melakukan kotak melompat, melompat gerakan ke tempat yang lebih tinggi (biasanya dengan sebuah kotak). Gerakan ini mengajak seluruh anggota tubuh untuk bergerak bersama-sama.

Membuat beberapa waktu melompat terlebih dahulu sebelum Anda menambahkan kotak dan membuat lompatan yang lebih tinggi. Kotak melompat mulai lari yang cocok untuk melatih Anda untuk menjadi lebih baik.