6 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil untuk Kesehatan Janin dan Ibu

6 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil untuk Kesehatan Janin dan Ibu
6 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil untuk Kesehatan Janin dan Ibu

Ternyata mendengarkan musik dapat meredakan ketegangan dan keluhan kesehatan ibu, serta merangsang perkembangan janin. Tapi bukan sembarang musik yang dapat diputar pada janin. Berikut ulasannya berikut ini:

1. Mendengarkan musik dapat meningkatkan hormon bahagia

Selama kehamilan, ibu menjadi lebih sensitif terhadap banyak hal. Kondisi ini membuat Anda menjadi mudah marah, mudah tersinggung dan mudah menangis. Sehingga situasi hati stabil dan tidak mengganggu orang di sekitar, tidak ada salahnya jika Anda mendengarkan musik.

6 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil untuk Kesehatan Janin dan Ibu
6 Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil untuk Kesehatan Janin dan Ibu

Ketika seorang wanita hamil mendengarkan musik, maka tubuh akan merespon dengan positif. Hal ini dapat membuat Anda merasa lebih santai dan tidak tegang. Ketika tubuh mulai rileks, maka secara otomatis, produksi serotonin dan endorfin akan meningkat. Kedua hormon mampu mampu membuat ibu merasa lebih Bahasia dan bayi akan tenang.

2. Meningkatkan rasa anak mendengar

Mulai usia kehamilan 20 minggu janin mampu mendengar suara, baik dalam tubuh ibu, seperti denyut jantung, pernapasan dan pencernaan, serta dari luar. Jadi jika wanita hamil mendengarkan musik pada usia kehamilan ini, janin akan mendengar, merasa baik dan meningkatkan indera kemampuan mendengar. Bahkan janin bisa mengingat suara ini sampai ia lahir nanti.

Oleh karena itu, ibu disarankan sering mengundang anak-anak untuk dialog dan mengelus perut. Meskipun mereka belum melihat, tapi anak-anak mampu merasakan sentuhan dan suara ibu. Berikan ucapan positif, sehingga anak-anak dapat tumbuh cerdas ketika lahir nanti. Hindari sesuatu yang merusak mental mereka, seperti pertempuran dan kaliat kotor.

3. Mampu meningkatkan konsentrasi pada anak-anak

Musik bukan hanya lagu atau irama ritme saja. Musik mampu memperkenalkan anak-anak ke banyak kosakata sejak ia masih dalam janin. Getaran lembut pada suara musik, mampu merangsang kinerja otak agar dapat bekerja lebih cepat dan lebih halus.

Ibu harus menghindari segala bentuk batu atau mengatur volume terlalu kecang. Hal ini dapat membuat indera pendengaran terganggu dan sangat mempengaruhi psikologis anak di masa depan. Pilih jenis musik klasik, pop atau jazz.

4. Membantu janin cepat tidur dan tenang

Karena mereka berada di rahim, bayi memiliki beberapa jam tidur seperti kamu. Ketika mereka mulai merasa mengantuk, maka ia membutuhkan ketenangan untuk tidur nyenyak. Namun, jika ibu tidak mengerti dan selalu mengganggunya, bayi bisa sangat rewel dan mempengaruhi kegiatan sehari-hari Anda.

Sehingga bayi bisa tenang, Anda membutuhkan relaksasi diri. Cara termudah, dia bisa istirahat sambil mendengarkan musik. Ibu dapat mengambil bagian dalam irama bernanyi lambat Sementara membelai perut. Mode ini sangat mudah untuk membuat tidur janin dan tenang.

5. Mempertajam kecerdasan dan merampingkan komunikasi saat lahir

Ibu hamil yang sering mendengarkan musik atau dialog mengambil anak-anak paling mungkin memiliki anak yang cerdas. Hal ini disebabkan, karena mereka sudah bisa merekam semua kata atau frasa sejak masih di kandungan.

Jadi jangan heran, ketika mereka lahir kemudian, anak akan memiliki lagu favorit yang sebenarnya sering Anda bermain saat bayi masih dalam kandungan. bahkan seorang anak dapat menghafal dengan sangat mudah.

6. Memperkuat hubungan batin antara ibu dan janin

Mendengarkan musik mampu membawa hubungan antara ibu dan bayi. Kondisi ini terjadi karena ibu sering bernyanyi sambil bersenang-senang dengan anak-anak sejak kasih sayang adalah dalam kandungan. Hal ini memungkinkan Anda ikatan lebih kuat, karena anak-anak selalu merasa nyaman dan bahagia ketika mereka di sekitar Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply